A Note from My Graduation Day

 Yea.. akhirnya hari ini tiba juga. Graduation ceremony day, or let's say Wisuda!
Setelah menyelesaikan perjalanan 4 tahun mengenyam pendidikan di bangku S1 Fikom UK Petra, it's time to officially graduate!
Well, bagi sebagian besar orang, bahkan diri saya pada masa 4 tahun yang lalu, saya tidak pernah menyangka bahwa perjalanan studi ini akan berlangsung sebegini berarti nya. Dalam benak saya dahulu, kuliah tak beda dengan masa studi berapa belas tahun yang telah saya lalui sebelumnya. *Sebagian besar pemikiran saya tentang perkuliahan sudah saya tuangkan dalam post what i've learned from school (part 1) dan what i've learned from school (part 2). Tidak pernah saya bayangkan bahwa empat tahun ini dapat begittuuuu mewarnai kehidupan saya, meninggalkan kenangan penuh makna, dan tentunya membawa perubahan positif bahkan signifikan bagi masa depan saya.

Terlaluu banyak kisah dan pelajaran kehidupan yang saya peroleh dari Fikom. Perjumpaan dengan beragam manusia dengan ragam latar belakang dan kisah, membawa saya belajar banyak hal tentang kehidupan. Melodrama kehidupan yang tidak pernah saya sangka akan ada dalam dunia nyata: keluarga, kisah cinta, persahabatan, profesionalisme dalam kehidupan bekerja, cara pandang tentang stereotype kehidupan sosial budaya, mengatasi perbedaan ragam latar belakang budaya...
Tentunya, seiring dengan warna-warni peristiwa dan kisah tersebut, tak terasa, saya turut bertumbuh, menjadi seorang manusia yang lebih banyak melihat dunia. Dunia tidak hanya berputar-putar di area situ saja ternyata.

Satu hal utama yang tidak mungkin saya lupakan dari Fikom, -seumur hidup saya-, di sinilah, awal dari pengukuhan saya akan Passion hidup saya.
Di sinilah saya menyadari, bahwa setiap orang memang memiliki tujuan indah atas penciptaan mereka.
Di sinilah saya belajar untuk BERANI berdiri atas apa yang menjadi tujuan kita.
Di sinilah saya belajar, bahwa ketika begitu banyak ketidakmasuk akalan untuk meraih apa yang menjadi impian kita, di situlah muncul anugerah luar biasa yang membuat kita duduk tercengang. Betapa kecilnya saya, di tengah rancangan Sang Pencipta ini.
Berada dalam jurusan yang terus-terusan dilabel i stereotype -kurang berkualitas- dan -hanya belajar ngomong- membuat saya stretch up luar biasa. Bukan berusaha mematahkan semua stereotype tersebut dengan berusaha tampak positif, tapi semakin menguji keteguhan hati saya. Seperti apa sih tempat saya berpijak saat ini? Sudah betulkah? Thanks buat semua cibiran dan ke-under estimate an tersebut, karena semuanya itu membuat saya semakin mantap, bahwa tempat saya berpijak kali ini, betul-betul 'tempat saya.'

~Terima kasih Tuhan. Sungguh, sebuah kesempatan yang luar biasa jika saya dapat tergabung dalam perjalanan 4 tahun ini. Selalu dan selalu tidak pernah habis saya bayangkan, bagaimana, jika empat tahun yang lalu, saya betul-betul memilih jurusan kuliah berdasarkan 'apa yang saya anggap paling benar.' Entah akan jadi apa diri saya. Mungkin tetap bisa saja mengenakan toga dan berjalan di podium. But, is that the meaning of having a bachelor degree? Just like that? Thank you for your good reason in each of my steps. And thank you for keeping me in Your right way. :")

~Terima kasih buat setiap orang yang turut berperan sehingga saya boleh berkesempatan mengenyam perjalanan dalam jurusan bersimbolkan warna Mocca ini. (Meski beberapa nama sudah saya sebutkan sebelumnya, saya gak bakal bosan menyebutkannya!)
*Almarhum Suk-Suk Jimmy Tambayong, Ii Yuni, yang entah bagaimana bisa saja dipakai Tuhan sebagai pencetus pertama yang memahami potensi saya, bahkan melebihi diri saya sendiri. :') Terima kasih telah meyakinkan kedua orangtua saya, bahkan diri saya sendiri. Bahwa jurusan inilah tempat saya. Tanpa inisiatif Anda berdua, tak pernah terlintas dalam benak saya, bahwa 'ini' boleh menjadi sebuah bidang yang dapat ditekuni dengan segenap hati.

*Papa dan Mama. Thanks buat ACC nya, bahkan berujung izin, support, dan dorongan untuk memilih apa yang memang menjadi passion saya. Perlahan tapi pasti, saya akan membuktikan, bahwa apa yang menjadi pilihan saya adalah pilihan yang betul-betul serius, dan tentu saja dapat dipertanggung jawabkan dengan baik. I promise, I won't dissapointed your support! :')

*Old Besties. Sahabat-sahabat lama, my biggest supporters in these world. Ce Finley, Pao, Feli, Fifi, Ubeth. Hoeeiiiii thank youu so mucchhh sudah mendengarkan setiap keraguan, sampah-sampah saya, dan bahkan menjadi tempat pertama saya berteriak-teriak atau tertawa-tawa lega atas pilihan saya. Thenkiu for being my strongest back-up. I'm just nobody without you, guys!

~And here are my tribute, for FIKOMERS, you guys, who left the meaningful mark in these 4 years journeys!
 *GMJ (Gajah Merah Jambu) a.k.a. Gajah Gangster. OMG, you girls are like the craziest various girl i've met before... XD San-san, Mia, Eva, Coline, Gincu, Ditha, Tya, and Lala. Thank you, setiap kepribadian, keunikan, kisah hidup, serta kegilaan kalian sungguh membuat saya belajar banyak hal tentang kehidupan. Saya belajaaar banyak banget untuk lebih bersyukur dengan segala sesuatu yang saya punya sekarang, karena kalian. Terima kasih buat para super girl, super woman, super ladies. Buat para life fighter, family fighter, love fighter, dream fighter dan fighter-fighter lainnya dalam GG! You guys are soo inspiring me! Duh, saya pengen cerita lebih panjang lebar tentang geng satu ini, tapi kayaknya harus pake post sendiri.. :') I'm gonna miss our time gals!
 *Miss Desi Yoanita a.k.a. MD
Thank you for staying to be true, miss. For sticking into your integrity,  I really proud having you as my lecturer. Really love our discussion time, about anything. About class stuff, commitee stuff, private stuff, or even not so important stuff. :D I'll always remember your word, "I'll See you at the podium." :')

*Bu Fanny Lesmana
THanksss Bu Fanny... You're the one who ensure my next step, which path should i choose in the 5th semester. Mungkin buat sebagian orang, pemilihan konsentrasi cuma begitu aja, tapi buat saya, akhirnya masuk dalam konsentrasi Print and Online Journalism adalah sebuah keputusan yang berpengaruh besar bagi langkah masa depan saya. Yang lebih berharga, hal itu membawa keberanian bagi saya dalam menegaskan future mind set saya. :) Thank you for seeing what's best on me.

*the Jurnalistiker AHE
15 orang. 1 angkatan. Banyak yang bilang kita maksa. Banyak yang bilang kita baru saja lahir dari mati suri. Dipenuhi orang-orang gila dari berbagai latar belakang, i really love being around you guyss!!!!!!!! Thanks buat kekompakannya, liputan, foto jurnalistik, investigasi, kelas-kelas dengan dosen edan, whatever, whatever! Never releasing our passion in journalism! Dan cepatlah lulus teman!!!

*Jessica TUN
Hahaha.. personally, i don't remember how we can be close, in the middle of 5th semester? But i feel having lots of chemistry with you, though i'm super chol-sang, and you are mel-pleg. :D
Loveeee our discussion time, our chit chat time about music and film, about woman and feminism, about literature and language, about life's passion and future. Lovee the time when you give an analytical thought to me, and when i give a powerful motivation to you. Love you TUN!!!!! :D

It's been a glory and a blissful pleasure to me, myself. 
For the chance to join this big family, these journey.
You'll stay in my mind, and my heart, always.
Viva Fikom!
FIKOM! FIKOM! FIKOM! FIKOM!

The good you do today, will often be forgotten. Do good anyway.

Comments