Thanks God I'm that 1% (part 2)

I am a Very Good Woman and Made for Good Purpose

Lewat serangkaian proses yang terjadi dalam hidup saya, akhirnya ini sebagian hal yang bisa saya simpulkan:

I AM VERY GOOD
Di hari ke enam, Tuhan cuma buat dua macam manusia: pria dan wanita. Dan saya diciptakan sebagai seorang wanita yang 'very good.' Sangat baik. Bukan 'salah' cipta, 'salah' menakar hormon testoteron, atau 'terpeleset' merangkai kromosom X
dan Y.. Saya diciptakan seperti ini karena DIA memang ingin menciptakan saya menjadi seperti ini.

I AM CREATED FOR A GOOD PURPOSE
Ok. Betul saya mengerti bahwa saya ini ciptaan yang sangat baik. Betul saya paham bahwa masa lalu dan karakter 'tomboy' ini ada pada saya demi sebuah rencana
dan goal yang baik.

Selain itu, Saya menyimpulkan bahwa secara esensial, wanita harus memiliki sifat tunduk pada suami dan lemah lembut.Oke. Saya paham cewe itu kudu tunduk dan lemah lembut. Keduanya bicara pekara sikap hati. Bukan berarti hobi angguk2 dan lemah gemulai.

THe Reality
Prinsip-prinsip utama itu sangat bisa saya terima. Tapi masalahnya dunia ini punya patokan dan pandangan sendiri. Dunia ini punya standard sendiri. Bahwa ke-
wanita-an itu (selain secara biologis) secara tidak langsung telah dimateraikan dalam konferensi budaya dengan kriteria yang tidak ter-set (bukan tidak ada)
secara naturaliah dalam diri saya....(semoga yang membaca paham kata-kata ini).Saya tetap bisa menjadi diri sendiri dan tidak peduli dengan dunia. Tapi tetap saja saya merasa tidak adil. Ngapain juga menciptakan ciptaan kayak aku kalau ujung2nya aku harus jadi seperti kriteria itu?
Ya langsung aja toh buat aku menjadi ciptaan lemah gemulai (baca: yang katanya kalo ketawa mesti mingkem :p), gemar menjahit memasak dan mencuci, sensitif (baca: cepet nangisan), dependent ('agak' suka minta tolong biar g keliatan bisa semuanya sendiri, padahal katanya wanita itu penolong.. nah lho?) , polos (baca: agak bodoh-bodoh biar kaum cowok terlihat lebih superior), dll dll...

So Do I Love Myself as I Am?
Nyatanya,

- saya tidak pernah menyesal suka warna ijo ketimbang pink. :P
Karena:
saya jadi 'berkarakter.' Hingga sekarang ijo menjadi salah satu trademark saya. Coba kalau saya suka pink, itu juga kesukaannya si A, B, C, D, dan E. Dalam dunia
bisnis, salah satu kesuksesan itu tidak hanya terletak dari kualitas produk, tapi juga kekuatan brand awareness nya. Nah, dalam hal ini, brand awareness publik terhadap warna kesukaan saya sudah cukup kuat, lho. :p

- saya tidak pernah menyesal menghabiskan masa-masa SMA dengan aktif berorganisasi dan bergabung di tim basket ketimbang shopping dan hangout ala socialite bersama geng popular.
Karena:
Hari-hari ini saya belajar banyak sekali lewat pengalaman aktif mengikuti berbagai hal tersebut semasa SMA. Coba jika dulu saya lebih suka nongkrong dan hobi shopping such as those ordinary girlie girls.. today i won't be able to be here.

- saya tidak pernah menyesal jadi cewek yang effortless maintenance.
Karena:
Karakter itulah yang menjadi salah satu faktor penentu mengapa saya menyukai apa yang saya lakukan sekarang: bekerja di dunia media yang butuh kesigapan dan penuh
interaksi.

At the End, I'm Still a Female
Well, saya tidak pake kata girl ato woman karena itu sepertinya berhubungan dengan kedewasaan seseorang. Female/cewe rasanya lebih netral karena saya sendiri
mengkategorikan diri saya dalam masa peralihan dari girl menuju woman. Dengan begitu banyak argumen pribadi saya terhadap gambaran seorang cewe, kesan saya terhadap
mainstream female sangatlah jelek. Khususnya dari segi penampilan. Saya sebel banget kalo cewe itu penampilannya didikte harus seperti 'ini.'

Hingga akhirnya, memasuki kuliah, perlahan citra buruk tersebut luntur. Bukan karena saya akhirnya menyerah dan jadi mainstream. BUkan karena saya naksir cowo yang
meminta saya jadi mainstream. Tapi karena akhirnya saya menyadari: female is exactly
beautiful (dalam ranah penampilan). And to be beautiful
is not about mainstream. Cewek (baca: termasuk saya :D) ternyata memang cantik dan
indah. Dan bener deh, untuk jadi cantik kita ga perlu ber-seragam.

Beauty is not always being skinny.
Chic is not always wearing high heels.
Make up tools can make u cool not just cute..
And of course,
beautiful appearance is also about how u appreciate urself.


Nowadays..
Hari-hari ini saya sangat bersyukur dengan apa yang boleh terjadi dalam hidup saya. Saya bersyukur boleh memiliki karakter yang mungkin berbeda.
Saya bersyukur boleh mengalami pengalaman-pengalaman dalam berbagai bidang yang seru dan mengesankan.
Saya bersyukur bisa mengalami masa-masa transformasi penampilan yang 'ajaib' :).

"At last, Saya bersyukur diciptakan menjadi seorang wanita."



1. end of 2006, 1st semester at campus. fallin love with bob style
2. end of 2007. the beginning of my transform.. i curl my bob hair.. this is where i start to 'change.'
3. July 2008. Holiday with frens.. still with the style and act which i can't get enough.. ^^
4. February 2009. I made an 'adult' portrait for my jobs' needs. Got lots of 'good comments.' Mostly said that i've changed. Good feedback. Personally, that look is really for a special occasion. hahaha...
5. July 2009. at music workshop with a popular christian singer, Sari. however, i still love being casual and being me. ^^


Agustus 2009, end of conversation

N: Oya? Kamu ini hasil program jenis kelamin itu? Dulu
aku pengen ikut program jenis kelamin tapi akhirnya g
jadi gara2 dokternya bilang, tetap saja ada 1%
kemungkinan gagal.
So, You are that 1 %!!"

V: Well, "Yes, I am."


*I can't imagine if that day.. I really was born as a
male. I won't experience how complicated, interesting,
artsy, yet lucky to be a female.

The good you do today, will often be forgotten. Do good anyway.

Comments

  1. hahahah~ i like the part, that you do not regret that you are a green lovers :D wakakak~ it`s a trade mark~ well, it`s more to identity for me, how i do label myself with the color of yellow :) wakakka~

    ReplyDelete
  2. same same... i love having a green detector in my sense... ^0^ it's like my brand. well, identity is a nice word to describe that..

    ReplyDelete
  3. thank Him that you met Him, who accept you the way you are... not because of what you are... but because of who He is...
    He is your Creator...
    and by that you can say:
    "... I am YOURS ..."

    ReplyDelete
  4. yes.. thank Him who creates the best of me.. I'm Yours is great... ^^

    ReplyDelete
  5. * saya tidak pernah menyesalh lebih suka warna biru daripada pink =p

    * saya tidak pernah menyesal dianggap 'casing cewek, isi cowok' sama temen2 SMA dulu.

    * saya tidak pernah menyesal jadi cewek yang dianggap independen dan 'sedikit' dominan.

    Yang jelas saya juga tetap CEWEK :)
    Semua ada prosesnya kok Len, takes time for it ^^
    Saya dulu juga termasuk cewek tomboy, brangasan, ga suka pernak-pernik cewek, dan segala girl things lainnya. Tapi, sekarang sudah mulai berubah. Toh, meski berubah, saya gak simsalabim jadi 'princess' look alike hehehe...
    tenang aja Len ^^ proud to be yourself, coz you are special in His sight

    ReplyDelete
  6. Baca ini, aku langsung inget Mazmur 139:13-16..God is amazing!!

    ReplyDelete
  7. i like the last posts...
    hehehe...
    kamu bener2 pakai bahasa yang sederhana untuk menceritakan dirimu... bahasa yg juga lucu...
    jujur, aku bacanya sambil ketawa2... mengingat dan membayangkan ekspresi kamu, Len..
    hehehe...

    but, jujur.. keadaanmu gak jauh beda dengan diriku...
    dan salah satu yg sampai saat ini di complain banyak orang adalah ttg cara jalanku...
    meski pake rok.. teteeeep... macho jalannya...
    huakakakakaka...

    so... ttp bsyukur dan pcy diri dgn apa adanya kita...
    Allah membentuk kita pasti ada mksud2Nya..
    hehehe... (nb: it's not just as "penghiburan diri")
    it's a truth.

    Gbu, sis.

    ReplyDelete
  8. Saya lihat sih semua orang pasti ada rasa tertarik pada lawan jenis dan pasti ada saat tertentu dalam hidup ketika mereka berpikir kenapa mereka dilahirkan dengan jenis kelamin yang mereka sekarang miliki.

    Wajar saja sih sebenarnya, manusia bisa memiliki teknologi yang maju seperti sekarang, asalnya juga dari keingin-tahuan mereka. Namun suatu saat, sudah pasti kita harus bisa menerima diri kita apa adanya dan mulai berkembang sebagai manusia dari sana.

    ReplyDelete
  9. ahay ahay ahaayy..
    sebagai seseorang yang senasib sepenanggungan denganmu saya acungkan jempol deh buat dua postingan berseri ini ^^
    bedanya, saya ga doyan ijo!huahahahhaaaaa *ga penting!*

    seperti komen yang pernah saya tulis di salah satu postinganmu (about real woman something bla bla gt)..
    percuma saja saat ini merias diri sampai habis banyak rupiah dan dolar, membeli pakaian renda-renda dengan warna-warna kalem yang -dipikirnya- akan disenangi para pria, atau bersikap manis-manis manja grup (lho kok pake 'grup' hahah..ingat girlsband dangdut zaman SD!hiahahaha) sambil tutup mulut kalo ketawa tapiii.... malah ga bisa menjalankan fungsinya dengan baik.
    we, women should doing our role than just make up our appearance.
    mau cantik2 n kuku warna-warni tapi pegang suthil aja ga bisa..Sigh!

    dalam hal ini, Len, tetap harus diingat, sebangga-bangganya diri kita dengan keadaan kita sekarang, jangan lupakan fungsi2 kita juga yaa..
    hayoo..udah bisa masak belum ^^
    huehehehheeeee....

    saya juga dulunya sangat ga peduli dengan hal-hal macam ini, lha wong seragam sobek aja masih saya pakai ke sekolah dengan solusi menjepret bagian yang sobek2 itu biar menutup! huahahahaa!
    Lantas saya mulai paham n sadar kalau memang saya harus menyeimbangkan diri saya sendiri. bukan berarti lantas wanita=tukang masak! tapi, wanita harus bisa masak. at least, menu spesial just for our beloved family ^^

    well, for me is, just be the best of who u are! n never let the real you kept inside.
    hoehoehoehoehoehoeeee..
    ihiiiiiiiiiiiii...yiihaaaa

    btw, saya baru beli baju n rok (finally i have another skirt-twas only uniform skirt i have ^^ ).....ayo metu2..mau pamer!huahahahahahhahahahaa!!!!!!

    ReplyDelete
  10. Hoahahaha.. Lucu sekali. So far semua cewe yg komen d sini adalah (mantan/masih) cewe tomboy jg! Thanx God we're exist.

    ReplyDelete
  11. Btw va, pandanganku yg tentang pegang sutil itu kan uda taktulis d post ttg secret. :p

    ReplyDelete
  12. hoo.. durung moco aku..hihihii...
    sek2..

    ReplyDelete
  13. @ eva:
    "btw, saya baru beli baju n rok (finally i have another skirt-twas only uniform skirt i have ^^ ).....ayo metu2..mau pamer!huahahahahahhahahahaa!!!!!!"

    jadi inget, waktu eva ngumpulin laporan akhir PKN, pakai rok panjang soalnya lagi open house P3K Maba, saya sampai melotot liatnya hahahah...

    ayo2, jalan2, biar eva bisa pamer ^^

    ReplyDelete

Post a Comment

thanks!