Media, media, dan MEDIA!

Hooo... jadi seperti yang sudah saya singgung dikit di postingan Yin n Yang..
Seminggu ini saya disibukkan dengan deadline UTS -yang emang banyak take home-nya-
Baru nyadar juga, ini adalah UTS pertama saya sejak penjurusan konsentrasi. Jadi ini UTS pertama yang uplek-uplekannya, jurnalistik.

Dari 9 mata kuliah yang saya ambil, 5 merupakan mata kuliah konsentrasi Jurnalistik, 4 sisanya merupakan mata kuliah wajibnya Fikom, atau mata kuliah wajibnya anak Komunikasi Massa.

Ternyata dan ternyata..... saya sangat menikmati loh selama ngerjain 5 mata kuliah jurnalistik itu, yaitu:
Hukum dan Etika Pers,
Teknik Menata dan Menyunting Surat Kabar,
Penulisan Laporan Investigatif,
Penulisan Artikel dan Tajuk Rencana, dan
Fotografi Jurnalistik

Hukum dan Etika Pers serta Penulisan Artikel dan Tajuk Rencana adalah dua UTS pertama yang saya kerjakan secara individual.
Untuk mata kuliah Penulisan Artikel, ujiannya adalah menulis artikel. lumayan fun sih, karena temanya bebas. Tema yang saya pilih adalah trend shopping Online. Secara saya juga lagi jalan bisnis online. Jadinya hasil survey yang udah pernah saya lakuin maupun pemikiran-pemikiran saya udah bisa dimasukin di artikel itu. hehehehe

Untuk mata kuliah Hukum dan Etika Pers. Temanya adalah kasus Tempo vs Asian Agri. Saya harus menganalisa unusur pencemaran nama baik dan hak jawab. Nah ini... FYI, saya nih bukan orang yang suka memperhatikan politik, bacaan yang g cuma fun aja baru-baru ini saja saya coba jejalkan. Jadi.... saya emang kurang ngerti perkembangan kasus ini. Setelah survey beberapa lama di internet tentang kasus itu, (thanks so much internet! cinta banget sama internet!)akhirnya jadi ngerti kronologis kasusnya. Masalahnya, saya g ngerti mesti jawab soal ujian itu seperti apa. Habis di satu sisi Asian Agri ada salahnya, di satu sisi Tempo juga g bisa dibenarkan. Nah lho? Semakin baca, awalnya cenderung memihak ke Tempo, trus ke Asian Agri, trus.... bingung! Dari segi saya seorang jurnalis, saya mengerti pemikiran Tempo. Tapi dari segi aturan main, apakah Tempo ini benar? Nah Nah Nah....
Singkat cerita, saya akhirnya memutuskan jawaban saya... Namun bukan hal ini yang ingin saya utarakan di posting ini... (apalagi mengingat udah banyak banget ribuan posting serta komen masyarakat tentang kasus itu).
Yang buat saya terkesan.... ternyata banyak sekali hal-hal yang terlintas begitu saja dari dunia saya.. yang ironisnya, tidak saya sadari dan ketahui sama sekali. Amit-amit.... Gini ngakunya anak media...

Untuk ketiga mata kuliah jurnalistik sisanya juga meninggalkan kesan tersendiri.
Investigatif tentu saja sangat berkesan dengan tema kuliahnya yang ekstrim bin ajaib. Melakukan investigasi! Hahahahaha... Saya jadi inget jaman SD dulu, jaman tren tuker2an diary untuk ngisi biodata. Waktu itu kelas 5 SD, saya lagi maniak komik Detektif Conan, saya tulis cita-cita saya sebagai Detektif, saya cantumkan karikatur wajah saya dalam balutan kostum Sherlock Holmes. Hari ini, bisa dibilang, cita-cita masa lalu -yang saya anggap bualan konyol anak SD- tercapai tuh! Saya bisa ngrasain jadi jurnalis investigasi -meski dalam versi masih teri banget-!

TMMSK, yang awalnya sempat saya remehkan -cuma ngedit aja-, juga sempet bikin pusing. hahahaha... Ngedit ternyata g gampang2 amat... apalagi kalo tulisan asli nya mbencekno! Alias ga karu-karuan. Sampe urusan spasi ae g beres. Secara saya ini paling g suka mikiri hal-hal kecil gituan. Tapi dalam mata kuliah itu, saya berperan sebagai editor yang mau g mau harus merhatiin hal-hal kecil gituan. Hhhh.....

Foto Jurnalistik! Ini yang buat liburan saya agak beda dari sebelumnya! Temat UTS kali ini adalah hunting foto2 keramaian lebaran/ mudik. Tempat2 yang direkomendasikan adalah tempat2 umum di Surabaya seperti stasiun, terminal, bundaran waru, kebun binatang, dll. Nah, masalahnya selama liburan, saya blas g di Surabaya, tapi di Bali. Dasarnya saya sih emang hobi foto, terutama kalo pas liburan. Cuma liat dulu apa yang difoto. Biasanya sih kebanyakan diri sendiri. Hahahahah... Gara-gara ada ujian Fotografi Jurnalistik, sepanjang perjalanan (terutama yang menyangkut kerumumnan publik) saya langsung pasang kamera bak seorang fotografer amatir (ya iyalah, cuma pake poket). Edannya (yang baru saya sadari), gara-gara jiwa ingin mendapatkan foto keramaian begitu lekat, sampe2 saya sedih banget waktu penyebrangan Ketapang-Gilimanuk sepi mamring! Orang tua serta keluarga saya hip hip hura karena mobil bisa langsung masuk feri, g pake antri blas. Saya tambah be-te, karena sebelumnya udah mbayangin bakalan antre 3 jam dan bisa dapet foto-foto keramaian yang ekstrem! Hahahahaha... Dipikir2 edan juga y saya, udah kena virus edannya para jurnalis.

Nah itulah... beberapa kesan mendalam (halah halah) saya tentang UTS kali ini. Secara, udah masuk konsentrasi Jurnalistik, saya jadi semakin dekat dengan dunia satu ini, Media.
Sekalipun sekarang, saya masih 'ijo', baru masa2 introduction, tapi.. saya merasa semakin enjoy di sini. Sepanjang mengenyam pendidikan formal dari SD-sekarang, baru pertama kali rasanya saya merasakan belajar sesuatu yang memang bener-bener saya sukai. Almost all!

Thx guys -everyone making me put this way so far-!
Makasih yhaaa buat ortu, sahabat ortu, sahabat saya, sampe para dosen yang sudah meng encourage, menuntun, sehingga membuat saya yakin untuk ambil langkah ini. Entah buat kalian dulu, itu hal kecil atau besar,
saya juga ga tau sebenarnya itu hal kecil atau besar,
tapi hari ini saya percaya kalo pertimbangan serta nasihat yang telah membawa saya untuk memutuskan hari ini akan sangat berpengaruh buat hari depan saya!
Makasih semuanya!
And of course, thanks Jesus! for letting those people encourage and make me take this way!

Comments