suatu kali

suatu kali saya berkata
ini bukan tentang kembali dari awal

ini kembali ke satu titik.
titik yang sudah saya lupakan,
yang saya anggap sudah berlalu.

suatu kali saya berbalik
memulai

dan bertanya

'siapa dia'

'ini siapa'

'ini tentang apa'

'apa lagi'

'siapa lagi'

ini bukan lagi tentang kembali dari mana.
ini tentang,
apa yang sedang saya hadapi
dan ke mana saya mengarah.

Apakah kegagalan itu ekuivalen
dengan sia-sia?
apa lagi ukuran kegagalan dan sia-sia itu?

Betulkah satu putaran sekolah menengah itu cukup
Masih mungkinkah saya berlari di alam bebas
sesekali mencapai puncak gunung
dan menuang secarik minuman hangat. 

Betulkah memang ada
yang mau terus memahami dan dipahami
tidak sekedar terpukau, tidak hanya mencoba
namun melangkah dengan rasio selaras kata hati 

suatu kali saya terus berbisik kepadanya,
'bukan perdagangan. bukan jual beli. bukan kontrak persetujuan.'
'bukan yang pernah ada. sepertinya bukan yang seperti biasanya.'

suatu kali.
saya menanti.
dan berjuang, untuk tetap percaya.

Lover. Dreamer. Learner.

Comments