Kebahagiaan yang Mandiri

Saya harap waktu itu akan segera tiba
Segera setelah berlalunya hari ini
segera setelah lewatnya momentum ini
yang tidak dapat saya saksikan

Kebahagiaan yang mandiri
yang tidak bergantung pada orang lain
mengatasnamakan ikatan apa pun
Kebahagiaan yang mandiri
hasil dari pemikiran matang
yang tidak berpusat pada kenikmatan pribadi

Saya harap tidak lama lagi
semuanya boleh berjalan
sebagaimana seharusnya

Manusia dewasa yang punya pilihan bebas
boleh memilih dengan kedewasaan mentalitasnya
boleh jalan terus, itu pilihannya
boleh jatuh, itu konsekuensi pilihannya
boleh sesekali bersandar, itu indahnya kasih antar manusia
asal tetap tahu diri~

Manusia dewasa yang punya pilihan bebas
punya perasaan, punya akal
punya tujuan, punya kemauan
punya empati, punya kesadaran
hanya ingat, Dia tidak sendiri
Tanggung jawab yang dia emban bukan atas dirinya sendiri
hanya ingat, Dia harus mau
Menghadapi akibat dari keputusannya sendiri

Manusia dewasa yang selalu punya pilihan
Kebahagiaan ada dalam genggamannya
Aku harap kali ini,
manusia,

boleh mengkaji ulang rekapitulasi masa lalu
boleh menoleh sejenak pengorbanan makhluk-makhluk di sekitarnya
boleh berkaca diri apa saja sumbangsihnya selama ini
boleh berfikir dan sejenak melihat sekeliling

Salah sekali, tertipu katanya
Salah dua kali, memang sedang tidak serius jawabnya
Salah tiga kali, semoga bukan piring cantik dapatnya

Manusia dewasa yang selalu punya pilihan,
aku harap kali ini,
engkau bahagia
dengan pilihanmu
dengan konsekuensimu
dengan tanggung jawabmu
dan dengan kemandirianmu.
 
DREAM Unlimited, LEARN the Unexpected, ACT Unconditionally

Comments