'Heading to the Finish Line, Together'

*this is the photograph, i've submitted for my master's degree admission.
Super weirdo-chubby-formal-look of me. ahahahaa XD
and below, is the essay's requirement.
I choose the 1st topic: 'The Meaning of My Life'

'Mencapai Tujuan Perjalanan Kehidupan Bersama-sama'

    Arti hidup saya adalah ketika saya mengerti apa artinya kehadiran saya di dunia ini. Mungkin agak membingungkan. Dengan kata lain, arti hidup saya adalah ketika saya mengerti, apa maksudnya seorang saya, tercipta sebagai manusia, berjenis kelamin wanita, bernama Valencia Leonata, lahir dari keluarga seperti ini, tinggal dan lahir dari kota dan negara seprti ini, dibesarkan dalam lingkungan dan budaya seperti ini, dan yang terakhir, diciptakan oleh Sang Pencipta, dengan sebuah tujuan.

    Setelah memahami bahwa arti kehadiran saya di dunia ini memiliki tujuan (bukan sekedar menambah kepadatan dunia atau pertemuan 'kebetulan' sel biologis kedua orangtua saya), tentu saja hal yang berikutnya membuat hidup saya berarti adalah bagaimana saya dapat mencapai tujuan tersebut. Setelah melalui berbagai proses dalam 21,5 tahun kehidupan ini, saya mendapati bahwa tujuan hidup saya ada pada bidang media. Saya percaya bahwa Tuhan, sang pencipta kita pasti memberikan fungsi dan tujuan spesial bagi setiap ciptaannya. Demikian halnya dengan saya.

    Saya menemukan antusiasme dan kenikmatan luar biasa ketika berbagi kisah, mendengarkan kisah orang, memotivasi orang lain, dan menuangkan ide-ide kreatif. Hal-hal tersebut, terangkum dan saya temukan dalam industri media. Proses untuk menemukan dan berani mengakui bahwa 'ini' yang menjadi tujuan dan passion hidup saya tersebut teruji oleh berbagai macam hal. Tidak pernah saya duga, bahwa ujian-ujian tersebut membawa saya semakin spesifik dalam memahami tujuan hidup saya. Tidak hanya 'nyemplung' dalam industri media, lebih spesifik lagi, media yang dapat membantu orang-orang lain menemukan dan berani menjalani apa yang menjadi tujuan serta panggilan hidup mereka.

    Saya percaya, sekali lagi Tuhan memiliki arti dalam menciptakan manusia untuk hidup berdampingan. Bukan sekedar supaya kita bisa saling bertukar keuntungan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing. Tapi lebih dari itu, agar kita bisa saling berbagi kasih, kebaikan, dan mengisi satu sama lain. Apalah artinya mencapai tujuan akhir, bergelimang materi, tapi tidak ada siapa pun di sekitar kita. Kita tidak diciptakan untuk seperti itu. Karena itulah, poin terakhir yang membuat hidup saya berarti, adalah ketika saya mencapai tujuan hidup saya, itu turut memberikan dampak positif bagi orang lain.

    Keluarga, sahabat, teman, dan orang-orang di sekitar saya begitu banyak memberikan kontribusi dalam perjalanan hidup saya sejauh ini. Kepada merekalah tujuan hidup saya harus bisa memberikan dampak positif, menyusul setiap makhluk lain di bumi ini. Terakhir, tentu saja kepada Tuhan, pencipta saya, yang telah memberikan kesempatan berharga bagi saya untuk boleh memiliki kehidupan dan arti di tengah milyaran makhluk lain di dunia ini. Suatu hari, ketika tiba saatnya akhir perjalanan ini, saya ingin dengan senang hati kembali kepadaNya dan berkata, "Hey, saya sudah melakukan yang terbaik untuk menjalani dan memaknai kehidupan yang Anda berikan."

*Among the process of filling the form, 
I mostly enjoy while writing and arranging idea for this essay.
Finally, i decide to write what I've been through, honestly.
This essay is dedicated, to all people that has left mark on this life-journey.
It's been so honor to have a chance, having you guys as a part in my life.
Love you all, and let's reach the finish line, together.

 The good you do today, will often be forgotten. Do good anyway.

Comments

Post a Comment

thanks!