Efektif dan Efisien

Ini adalah dua prinsip yang paling sederhana dan selalu bisa saya ingat dalam kelas Manajemen.
Efektif: sasaran tercapai
Efisien: cara untuk mencapai sasarannya sistematis dan praktis
*******
Masa-masa hari penentuan kelulusan, sidang skripsi sudah berlalu. Euforia kesenangan sudah berlalu. Awalnya, segala sesuatu tampak menyenangkan dan indah. Eitts... perjuangan sama sekali belum selesai.
Ada satu, eh salah dua, eh salah nggak tau berapa deh.. segerombolan hal yang menanti supaya saya betul-betul, secara resmi bisa ditahbiskan sebagai S.Sos, dalam sebuah upacara bernama wisuda. Berikut adalah SEDIKIT hal yang bisa saya list untuk sebuah simbolis pengukuhan perjuangan 4 tahun ini:
  1. Melakukan revisi skripsi dari empat orang dosen
  2. Meminta tandatangan keempat dosen itu dalam sebuah lembar bernama Bukti Revisi
  3. Menukarkan lembar Bukti Revisi ke Tata Usaha Jurusan untuk mendapatkan Nomor Skripsi
  4. Memasukkan makalah skripsi (tercetak di atas kertas) untuk diperiksa ke perpustakaan lantai 6 (meninggalkan 1 hari untuk diperiksa petugasnya)
  5. Mengambil revisi tata tulis dari perpus, melakukan revisi, lalu kembali lagi melakukan revisi (jangan lupa, di print lagi!) sampai mendapat ACC tanda tangan dari petugas perpus lantai 6.
  6. Meminta tanda tangan 2 dosen pembimbing, ketua penguji, dan ketua jurusan plus stempel jurusan di lembar pengesahan dan label CD untuk perpustakaan.
  7. Lembar pengesahan yang sudah bertanda tangan dan berstempel di scan, lalu dimasukkan di halaman softcopy makalah. Berikut juga dengan lembar pernyataan publikasi (di scan, di masukkan softcopy)
  8. Membuat CD softcopy file Microsoft word dan pdf skripsi sesuai dengan aturan penamaan dan penggabungan file. 
  9. Jika sudah mendapat ACC di lantai 6, menuju ke perpus lantai 7, membawa revisi akhir berupa harcopy, dan softcopy, dalam CD (sebaiknya CD RW) yang sudah berlabelkan tanda tangan dan stempel jurusan.
  10. Sampai lantai 7, semua masih diperiksa lagi... Harap panjang sabar karena petugasnya ada yang pandai tapi sok, ada yang baik tapi bodo.. 
  11. Sudah di ACC di lantai 7, harap mengerti bahwa kita sebagai mahasiswa mungkin sedikit diajar untuk memberikan sedekah kepada fakir miskin. Karena mencetak skripsi *yang sekian ratus halaman itu HARUS DILAKUKAN DI PERPUS UK PETRA. FYI, harga cetak hitam putih teks saja per lembar adalah 400 rupiah! Wow!!!!! Fantastis! 400 rupiah dengan service atau brand apa? Service: melatih mental mahasiswa. Brand: Ini satu-satunya jalan untuk bisa wisuda. CERDAS dan MULIA sekali kampus saya!
  12. Setelah melakukan pembayaran, kita akan mendapatkan tanda bukti pembayaran dan pengumpulan skripsi. TIket kemenangan sudah di tangan? Eits, masih harus minta TT petugas perpus di pintu keluar sirkulasi lantai 6. And guess what? Kemaren saya gak bisa mendapat TT nya karena, "Anda masih ada tanggungan pinjeman buku 1 buah." OMG! Itu adalah buku yang Jess pinjem pake KTM saya karena KTMnya udah full.... padahal itu baru dipinjem kemaren, dan batas waktunya belum habis! -.----------
  13. Menelpon Jes dan minta dia segera mengembalikan bukunya besok atau saya tidak bisa yudisium dan wisuda (P.S., tahap yang ini khusus dilalui oleh saya kok). Jadi tips nya, ketika Anda sedang berurusan dengan urusan kelulusan, lebih baik jangan pernah pinjam buku atau meminjamkan KTM anda untuk dipakai orang lain meminjam buku!
  14. Meminta TT lagi ke Pak sirkulasi di Lembar bukti pengumpulan skripsi.
  15. Mengumpulkan ke TU jurusan: form pengumpulan skripsi jurusan, bukti pengumpulan skripsi dari perpus, makalah rangkuman skripsi (harcopy + softcopy), checklist yudisium yg sudah bertandatangn dosen wali.
  16. Yudisium beres! Sudah selesai? Urusan wisuda belum!
  17. Menginput judul skripsi di komputer depan BAAK
  18. Minta form B4 di BAAK
  19. Setelah ini saya belum menjalani. Tapi seingat yang  saya baca: mengumpulakan sekian lembar foto hitam putih di BAAK (dengan syarat tetek bengek), pergi ke gedung D ngecek Kredit Point, jadi kurir foto 3x4 berwarna ke beberapa ruang2 di kampus (heran, ini kerjaan e siapa sih bener e),traallallalala ---> itu baru saya hadapi besok.
Intinya, saya jadi paham, seperti apa aslinya sistem kampus saya ini.
Memang SANGAT EFEKTIF dan EFISIEN!
Begitu PROFESIONAL, SISTEMATIS, MEMBERIKAN SERVICE SUPER BAGUS, dan MEMENTINGKAN KEPENTINGAN MAHASISWA DI ATAS SEGALANYA!


ohya, semua tahapan ini saya ketahui dari hasil pengalaman sendiri.
Jadi sepertinya kalau ada yang mau mengcopy atau mengeprint ini untuk dijadikan acuan, harus ngeprint dari saya, sebesar 400 RUPIAH per halaman!

The good you do today, will often be forgotten. Do good anyway.

Comments

  1. HAHAHAHAHAHA....aku mau titip ngeprint post ini satu LOLLLLL XD

    ReplyDelete
  2. City of God. The poster is certainly very very captivating. Should give it a shot :)

    ReplyDelete
  3. Saya sangat salut pada Anda...
    Ternyata masih ada orang yang rela, sanggup, dan sudi untuk posting langkah-langkah bedebah macam itu (Oooops... apakah pemilihan kata "bedebah" akan membawa saya ke penjara seperti nyonya prita??)
    Saya pribadi juga sangat "wegah" dan tidak "serantanan" ketika menjalani langkah-langkah tersebut (yang sampai sekarang masih terganjal tanda tangan... oh...)
    tapi, saya mungkin akan sangat amat "capek deh" dan "mboh karepmu" kalau disuruh menulis "surat pembaca" seperti Anda...
    So, Anda sangat luar biasa........!!!!
    Saya juga sangat amat setuju dengan semua "pujian" Anda terhadap kampus kita tercinta!!!!!
    Semoga kampus kita semakin kaya raya!!!!!!!!
    hahahahaha
    (ya iyalah, rugi dong kalau uda "nggitu'in" kita tapi gak kaya)
    fiuh.............
    Ape dadi sarjana dargombes ae cek ribet'e.....
    pegel deh...

    ReplyDelete
  4. WAKAKKAKAKAK
    aku ngakak pol nontok twit mu tentang
    'Skripsi tebal dibuat bungkus softex sampek menopause juga masih sisa!'
    bagussss!!!!!

    sarjana dargombes!
    wakakkakaka
    ibu gengster saya kangen ucapan ucapan ala tukang becakmu disertai wajah ala foto model salon anjingmu!!!!!

    ReplyDelete

Post a Comment

thanks!