the Endurance



...and let us run with endurance the race that is set before us... (Hebrew 12:1)

1st time i know a word 'endurance' was some years ago. The time when I was really into swimming. I used to wear Speedo swimsuit. Later, my swimming coach (she was an ex- Indonesia swimmer athlete) told me, "If you wanna buy Speedo swim suit, choose the one with 'Endurance' embroidery in the body line. The quality is better."
So, without knowing the meaning of 'endurance', each time i buy even just looking around Speedo swimsuit, I always search the word 'endurance.'

*************************
*Indonesia mode: on

Hari-hari ini saya sedang banyak memikirkan tentang perencanaan masa depan, khususnya hal-hal konkrit yang akan saya lakukan segera setelah saya lulus (jika sesuai target berarti sekitar Juli 2009). Dipandang dari sisi luar, beberapa orang (khususnya teman yang sebaya dengan saya), kebanyakan mungkin beranggapan bahwa apa yang sudah saya capai atau jalani pada hari ini adalah hal yang sudah oke. Dan tampakanya masa depan saya cerah-cerah saja. Sudah sesuai jalur. Well, itu pula yang dulu pernah saya pikirkan.

Ketika saya menemukan bahwa bidang yang menjadi passion saya adalah: dunia media, saya berpikiran, someday.. kalo aku bisa kerja dan punya media sendiri... that will be my day! Dan ya... saya mendapat kesempatan itu semenjak sekitar delapan bulan lalu.. And now, that 'dream comes true' doesn't feel like that 'magnitude' anymore. Saya baru mengerti, bahwa bahkan dalam titik di mana kita sepertinya sudah mencapai apa yang selama ini kita harap-harapkan, ternyata masih ada juga rintangan, masalah, dan realita.

Realita. Apa yang dapat kita lihat dengan mata. Apa yang dapat kita ukur dengan logika. Itulah yang menjadi salah satu masalah terbesar saya. Semakin saya mencoba mendekati mimpi saya, semakin dekat pula 'realita' itu serasa mengejar saya. Dan pada akhirnya, realita membuat saya jadi berpikir ulang. Mana yang sebenarnya saya putuskan?

Sebagai orang yang punya banyak minat, saya seringkali terjebak dalam kondisi multifungsi. Terlebih, saya sering mengalami kondisi 'senjata makan tuan.' Di mana keteguhan mind set tipe ini 'I can do everything If i think I can' seringkali membuat saya terjebak dalam kondisi melakukan segalanya, tanpa fokus jelas, dan akhirnya kehialngan arah. Dan kehilangan passion utama saya. Ujung-ujungnya, kasarannya ya... Disfungsi... Well, ironis sekali...

Ketika saya share tentang pergumulan hari-hari ini dengan seorang teman, dia mengucapkan sebuah statement yang menenangkan saya. Dia tidak memberikan solusi konkret - yang saya rasa seharusnya saya butuhkan- seperti, kamu harus memilih ini dan meninggalkan itu. Tapi dia berkata, "Belajarlah setia dan tekun dalam hal yang sudah dipercayakan ke kamu. Nikmatilah, alamilah berbagai hal, hingga akhirnya kamu bisa memutuskan langkah selanjutnya. Dan jangan tinggalkan visimu."

Tekun dan setia. Itu adalah hal yang seringkali hilang dari prinsip hidup saya. Cepat dan Tegas, itu kebanyakn aliran yang saya anut. Saya mau ini, akan saya kejar, yang artinya, dengan mudah saya akan meninggalkan yang 'itu', yang sudah saya peroleh sebelumnya. Jujur, saya masih belum mengerti dengan jelas, the real next step apa yang akan saya ambil.
Tetap seperti sekarang, mendobel dengan yang lain, atau memilih dengan tegas salah satunya, atau mengambil kesempatan memulai 'pengalaman baru' sejenak baru kembali lagi?

*******************************
Now, I'm 20 years old. Well, in the next 16 days, I'll be 21.. and I just know the real meaning of endurance. Based on Google Dictionary (recently, this site always be my best dictionary), the meaning of endurance is the ability to continue with an unpleasant or difficult situation, experience, or activity over a long period of time. Or in Indonesia, endurance is daya tahan, kesabaran, ketabahan.

Now i still don't get the 'real' answer (Someday if i got, surely i will tell you LLL). But one thing i know. I want to learn to be endurance in this process. I want to continue this difficult situation, experience, or activity, for these period of time.
I want to do the best, in this process.
And I believe You will guide and lead me to the GOOD one, in the right time.

The good you do today, will often be forgotten. Do good anyway.

Comments

  1. was it finley? i kinda remember u told me about her comments.
    hey...let's chat! I have free time from 13.00 to 15.25 today

    ReplyDelete
  2. The pic is HUGE and SHOCKING lol

    That's a good point and reflection i think but still dont get the main problem...but, i believe u have already made the right response by surrender to God =)

    ReplyDelete
  3. @bee: how can u know it was finley? yes, it was.. it's just yesterday's night talk and i've been told anybody about that except LLL. sure u have a sixth sense!

    @Jak: yay i uploaded 2 times, to check the smallest verse of the pic but still like that. ;D haha... it's a bit confusing but gladly u try ur best to understand.

    ReplyDelete

Post a Comment

thanks!