Berburu Buku di Kampung Buku


Awalnya saya menginjakkan kaki di Jalan Semarang karena urusan tugas sebuah mata kuliah. Kebetulan tema yang saya dapat adalah menulis tentang kampung buku. Tadinya hanya untuk tugas, akhirnya malah menemukan lifestyle baru yang sepatutnya saya lakukan sejak dulu!

Yang terlintas di benak saya mengenai toko buku bekas adalah, tumpukan buku lawas penuh debu, murah mungkin, tapi belum tentu sesuai selera saya. Nyatanya, anggapan itu salah besar. Saya menemui tidak hanya buku-buku baru yang dalam kondisi masih oke, majalah-majalah impor yang up2date, bahkan buku atau majalah impor yang saya jarang jumpai di toko-toko buku besar di Surabaya. Tidak sulit tuh menemukan majalah macam Teen Vogue, Times, Readers' Digest, Cosmopolitan (versi luar), Bazaar (versi luar) edisi bulan April 2009. Jangan salah, kondisinya masih baik, hanya saja merupakan barang retur (tidak bercover lagi). Harganya? Jangan tanya. Di pasaran harga Teen Vogue mencapai 60ribu rupiah, di Jalan Semarang? Hanya 7500rupiah.



Tidak hanya itu, saya juga menemui banyak komik-komik zaman saya masih SD dengan harga murah meriah, 2500-4000. Bayangkan harga komik sekarang mencapai 15ribu. ckckckkc... Masih ada juga text book impor yang gak kalah keren dengan harga miring. Kesimpulannya, sepulang dari jalan semarang, berbekal uang sekitar 60ribu rupiah, saya membawa pulang 6 majalah lokal bekas, 3 majalah impor bekas, dan 5 buah komik bekas. FYI, 2 dari sekian majalah impor yang saya beli merupakan majalah biografi Obama dan Palin yang harga aslinya mencapai 125.000 ketika dijual di salah satu toko buku impor di Surabaya, saya beli cuma dengan harga 5000 rupiah (masih ada tag harganya tuh).

Lewat cerita-cerita dengan beberapa penjual, tampaknya memang pelanggan Jalan Semarang bukan hanya masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah (seperti asumsi saya sebelumnya). Dengan adanya resesi ekonomi seperti saat ini, yang berkecukupan pun pasti juga mikir 2x. JIka bisa beli majalah 7500an, mengapa juga harus beli yang 60ribuan? Ya... panas-panas dikit, gpp lah.. TOh kalo sudah nemu toko langganan juga pasti dapet diskon lagi.

Selamat berburu buku deh! Nanti akan menemukan kenikmatan yang berbeda dengan membeli di toko buku biasa!

Comments