What Makes Woman: "Woman"?

Dipikir-pikir lagi. Ini salah satu pertanyaan terbesar saya, setelah apa yang saya alami baru-baru ini.

Yeah. Kasus saya memang hanya kasus ringan. Excession Biopsy. Begitu para ahli medis menyebutnya. Tumor jinak. Itu kata orang awam.

Bukan kanker berstadium. Tidak perlu kemoterapi. Tidak perlu pengangkatan organ tertentu.

Hanya saja, setelah apa yang saya alami, para orang dekat di sekeliling saya mulai banyak mewanti-wanti:
- dilarang makan ini, harus sering-sering begini, blablablabla (padahal dokternya sendiri g bilang apa2)
- bahkan ada yang menambahi juga 'sepertinya memang di garis hidupmu ada bakat kanker'

well, terlepas dari segala komentar mereka (yang nggak terlalu saya ambil pusing, kecuali gaya hidup sehat yang memang kudu dilakukan sekalipun saya g kena penyakit apapun), saya mikir juga sih akhirnya:

-gimana ya someday, kalo emang saya kena kanker or whatever penyakit yang selama ini ditakuti wanita. (Sampai hari ini, g ada dokter yang bisa menjelaskan dengan gamblang tuh apa sebab timbulnya suatu kanker)
-gimana y kalo suatu hari saya kudu kehilangan organ-organ fisik yang selama ini spesial dimiliki wanita?

Pertanyaannya:
- in that moment: do a woman still be a woman?

if NO: so, are the woman called a woman because of her physics?
are woman called woman because they have breast, ovum, and uterus?

i don't know. dari dulu saya emang punya pendapat n prinsip kalo seseorang dibilang original woman/ man bukan cuma karena 'gaya/ style' mereka. Cowo yang secara appearance kelihatan 'kemayu' buat saya belum tentu dalemnya kecewek-cewekan. Banyak tuh cowo yang badannya kayak Rambo tapi mentalnya tempe. So do the woman. Yang gayanya keibuan belum tentu aslinya lemah lembut.

Tapi kalo sampe menyangkut fisik yang menjadi identitas sebuah gender.....
ini belum pernah saya pikirkan.

Kalo mereka kehilangan semua yang selama ini menjadi identitas mereka?

Do they still a Woman?
or at least, do they still feel as a woman?

Comments

  1. kalau katanya BELLMOTT (yang dobel L atau T nya seh??)
    'a secret, makes a woman, woman!' hahahaaaa...
    j/k
    yah.. gini Len.. menurut hemat saya (cieee), mungkin kalau dilihat secara fisik, hal itu memang seakan mengaburkan id perempuan kita (bukan jadi bencong lho ya). khususnya rahim. well, kita diciptakan untuk meneruskan kelangsungan hidup manusia, dan seorang perempuan akan menderita kesakitan pada saat ia mengandung dan melahirkan. kamu pasti ngerti betul tho kalimatku barusan.
    tapi, di luar itu semua, ada yang namanya peran. dan peran itu hanya bisa dilakukan dengan kesadaran dan hati yang besar. sungguhan. kalau kamu ga sadar akan peran kamu, dan ga sadar untuk segera mulai, maka sebagus apapaun peran yang kamu punya ga akan terlihat. dan perempuan akan terkesan jadi 'alat' saja kalau peran ini ga dia jalankan-dengan benar-.
    peran perempuan banyak.bisa sebagai penopang laki2. jadi pendukung laki-laki. memberikan kasih sayang pun ketegasan. memberi pendidikan pertama, cinta pertama, dan banyak hal-hal pertama lainnya.
    bener kan?
    kalau kamu punya semua kelengkapan fisik, and sukses melahirkan anak yang ca'em tapi ga bisa menjalankan peranmu, yah sama aja kamu cuma jadi alat reproduksi dong, ya kan? cuma di kasih casing perempuan githoo... betull??
    heheheee...
    -agak nyinyir nih aku nulisnya- hehehehe
    sekarang yah, kalo seorang perempuan punya fisik lengkap n flawless, tapi mandul, kan sama saja. ya khan. karena itu, menurutku sih yang penting gimana kita sebagai perempuan menghayati keberadaan kita sebagai perempuan, dan menjalankan peran perempuan kita sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya!
    hehehe
    demikian opini saya..hohohohhoooo

    ReplyDelete
  2. nambah2..
    kalo 'do they still feel...'
    itu aku ga tahu ya..
    tergantung perempuannya..
    tapi apa mereka masih bisa dibilang perempuan?
    ya iya lah..
    heheheheee..
    dia tercipta sebagai perempuan! God has created so!
    hehehehee

    and, tentang prinsip kamu, aku juga setuju! banyak cowok yang badannya gede, tegap, tapi suka rasan2, ga berani ngomong di depan yang bersangkutan! justru yang kaya gitu tuh yang bencong! heheheheeee..
    hohohohohohoho...
    hahaahhaahhahahahaa....
    hihihihihihihihihihihiii....
    huhuhuhuhuuhuhhuuhuhuhuhuhuuuhu....

    ReplyDelete
  3. BUAAAHHHH...
    aku buat blog lho..
    hehehheee..
    mampir2 ya..
    hehehee...
    aku janji tulisanku akan mendalam and deeply.. (sama ae..) dan pastinya menurut singkat saya, begitu pula menurut hemat saya akan adanya perihal-perihal yangperlu disampaikan dan akan dihaturkan kepada anda yang ingin menanggapi saya.

    sekian dan terima kasih.
    --SUTOMO--
    --------wassalam--------

    ReplyDelete
  4. endhiiiii postinganmuuu??
    hehehehehee,,,
    kok ga ada lagi??
    hahahaha
    ganian kon tak bales!
    hahahaa

    ReplyDelete
  5. walah walah.. kok dua makhluk ini yang mendominasi comment posting saya,... hahahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

thanks!